Virus Corona Damaikan Dua Seteru, Israel-Palestina

Israel-Palestina bekerja sama hadapi virus corona
Israel-Palestina bekerja sama hadapi virus corona./boombastis.com

Nusantaratv.com - Banyak negara lakukan antisipasi terhadap merebaknya virus corona di negaranya masing-masing. Virus yang sudah dinyatakan sebagai pandemi global oleh WHO ini telah menakutkan banyak orang. Demikian pula dengan Israel dan Palestina, kedua negara yang selama ini selalu terlibat konflik, seakan sepakat untuk menghentikan tensi ketegangan diantara mereka untuk sama-sama menghadapi virus corona.

Kedua negara kompak menutup akses demi mencegah tersebarnya virus corona. Baik Israel maupun Palestina, kedua belah pihak sepakat untuk menutup akses ke lokasi-lokasi yang selama ini kerap dikunjungi oleh banyak orang. Salah satunya adalah gerbang masuk ke Kota Betlehem yang di dalamnya memiliki Gereja Betlehem. 

Ilustrasi penutupan akses oleh otoritas berwenang [boombastis.com]

Di lapangan, kedua negara berbagi tugas dalam membatasi akses tersebut. Diketahui, pemerintah Israel telah menutup jalan yang menuju ke Betlehem. Sementara itu, otoritas Palestina mengunci Gereja Betlehem selama dua minggu. Tak hanya itu, kedua negara juga menolak wisatawan asing yang masuk ke kota masing-masing.

 

Membatalkan acara-acara penting selama masa darurat virus corona

Mewabahnya virus corona juga membuat pemerintah kedua negara membatalkan sejumlah acara-acara penting, seperti Marathon Palestina hingga latihan militer bersama antara Israel dan Amerika Serikat di Jerman. COGAT yang merupakan lembaga milik Israel, berkoordinasi dengan otoritas Palestina untuk mencegah penyebaran virus corona agar tidak semakin masif.

Ilustrasi petugas medis bersihkan virus corona [boombastis.com]

Tak hanya itu, peraturan keluar masuk ke dalam kota juga dilarang untuk warga Israel dan Palestina. Akses benar-benar dikunci saat itu. “Semua warga Israel dan Palestina dilarang memasuki atau meninggalkan kota,” kata Kementerian Pertahanan Israel dalam pernyataan resmi mereka yang dikutip AFP.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
2
angry
1
sad
0
wow
0