Ukraina Minta Iran Serahkan Black Box Pesawat Ukraina Airlines yang Jatuh

Sebuah pernyataan dari kantor kejaksaan Ukraina mengatakan bahwa pihaknya mengambil langkah yang diperlukan untuk memastikan perekam itu
Ukraina Minta Iran Serahkan Black Box Pesawat Ukraina Airlines yang Jatuh
(Ft.com)

Teheran, Nusantaratv.com- Ukraina mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka meminta Iran untuk memberikan perekam penerbangan kotak hitam dari pesawat Ukraina International Airlines yang secara tidak sengaja ditembak jatuh oleh Iran. 

 Sebuah pernyataan dari kantor kejaksaan Ukraina mengatakan bahwa pihaknya mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan perekam itu didekripsi dengan benar dan untuk menyimpan semua bukti saat penyelidik melakukan penyelidikan atas insiden tersebut. 

Alexander Ruvin, direktur Institut Riset Ilmiah Ilmu Pengetahuan Forensik Kyiv Kyiv, mengatakan kepada media Ukraina setelah kembali dari memimpin tim investigasi di Iran bahwa spesialis Iran akan tiba di Kyiv pada hari Rabu, dan bahwa para analis berharap untuk mulai memeriksa rekaman penerbangan pada hari Senin. 

 Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan dia dan Presiden Iran Hassan Rouhani setuju bahwa para ahli dari negara mereka akan bekerja sama, termasuk menguraikan kotak hitam. 

Zelenskiy dan Presiden Prancis Emmanuel Macron juga sepakat untuk meminta bantuan spesialis Prancis dalam pekerjaan itu. 

Iran awalnya mengatakan masalah mekanis menyebabkan pesawat jet komersial turun, sebelum mengakui beberapa hari kemudian bahwa personil militer Iran menembak jatuh pesawat, menewaskan 176 orang di dalamnya. 

Hal itu memicu protes selama berhari-hari di Iran ketika orang-orang mengekspresikan kemarahan mereka kepada para pemimpin negara itu. 

Para pemrotes anti-pemerintah menghadiri sebuah demonstrasi yang menyalahkan pemerintah atas pengumuman yang tertunda mengenai pesawat Ukraina yang tidak sengaja jatuh minggu lalu, di kampus Universitas Teheran di Teheran, Iran, 14 Januari 2020.

 "Beberapa malam terakhir kami menyaksikan orang-orang di jalan-jalan Teheran menentang fakta bahwa mereka dibohongi selama beberapa hari," kata Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif, Rabu. 

"Ini adalah situasi yang sangat serius. Kami percaya itu adalah fakta bahwa itu tidak diungkapkan cukup awal." 

Dia kemudian memberikan pujian kepada militer karena melakukan apa yang dia katakan kadang-kadang tidak pernah terjadi setelah insiden serupa, mengatakan bahwa mereka "cukup berani untuk mengklaim tanggung jawab sejak dini.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0