Trump Bikin Proposal Perdamaian Israel-Palestina, Wapres Ma'ruf: Tetap Bela Palestina

Menurut Ma'ruf, penolakan terhadap proposal itu tidak bisa dilakukan hanya oleh Indonesia sendirian
Trump Bikin Proposal Perdamaian Israel-Palestina, Wapres Ma'ruf: Tetap Bela Palestina
Trump dengan Netanyahu. (Reuters)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat dan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menawarkan proposal perdamaian antara Israel dengan Palestina. Proposal itu dinilai sebagian pihak hanya menguntungkan Israel. 

Baca juga: Susun Strategi Sejahterakan Orang Miskin, Wapres Ma'ruf Kumpulkan Menteri 

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan Indonesia akan tetap mendukung posisi Palestina.

"Saya baru bertemu Menlu (Menteri Luar Negeri). Beliau melaporkan kepada saya tentang soal Palestina. Prinsipnya Indonesia tetap pada sikapnya. Dengan adanya proposal yang baru, tetap membela Palestina. Sesuai dengan prinsip yang dianut," ujar Ma'ruf di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

Meski begitu, menurut dia penolakan terhadap proposal perdamaian bernama 'deal of century' itu tak bisa hanya dilakukan Indonesia sendirian. Karenanya Indonesia, kata Ma'ruf sedang mengajak negara lain untuk bersikap sama. 

"Tetapi masalahnya, Indonesia tentu tak mungkin sendirian, tentu bagaimana Indonesia mengajak bersama-sama untuk menghadapi proposal itu dengan negara-negara lain. Itu yang jadi masalah sekarang," tuturnya. 

"Negara lain seperti apa? Nah ini dalam proses perundingan di PBB. Beliau melapor begitu," sambung Ma'ruf.

Trump sendiri menilai keadaan akan lebih baik jika proposal perdamaian kedua negara diterima. Namun jika tidak, menurutnya tak ada masalah. 

"Kalau berhasil, tentu hebat, kalau tidak, kita bisa hidup dengan itu," ujar Trump saat menerima Netanyahu di Gedung Putih, Senin (28/1/2020). 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0