Selidiki Black Box Pesawat Ukraina, Iran Minta Bantuan Kanada

Dua penyidik diketahui mendarat di Teheran, Iran pada Senin (13/1).
Selidiki Black Box Pesawat Ukraina, Iran Minta Bantuan Kanada
(Ft.com)

Teheran, Nusantaratv.com- Proses penyelidikan kotak hitam (black box) pesawat Ukraina yang jatuh tertembak Iran masih terus berlanjut. Dua penyidik diketahui mendarat di Teheran, Iran pada Senin (13/1). Sementara dua penyidik lainnya disebut akan menyusul dalam beberapa hari mendatang untuk turun tangan melakukan penyelidikan.

Seperti diberitakan AFP, tim penyelidik asal Kanada disebut akan membantu menganalisis percakapan dalam kokpit dan data yang terekam dalam pesawat nahas itu.

Baca Juga : Pengakuan Iran Tembak Pesawat Ukraina Memancing Amarah Demonstran

Bahkan tim penyelidik juga mendapat izin untuk melakukan proses penyelidikan terhadap puing-puing pesawat di lokasi kejadian.

Diketahui, proses penyelidikan yang dilakukan itu terutama adalah mengenai kemungkinan rudal yang ditembakkan secara sengaja atau tidak oleh Iran di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Iran pada Sabtu (11/1) lalu akhirnya mengakui jika pihaknya secara tak sengaja menembakkan rudal hingga menjatuhkan pesawat Ukraine International Airlines pada Rabu (8/1) pekan lalu.

Pengakuan ini dirilis setelah sebelumnya kerap dibantah oleh Teheran.

Insiden pesawat Ukraina jatuh ini terjadi ketika ketegangan antara Teheran dan Washington kembali memanas. Usai AS menyerang Jenderal Qasem Soleimani dengan drone di Bandara Baghdad Irak pada Jumat (3/1/20) hingga tewas.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0