Negara-negara Timur Tengah Antisipasi Balasan Iran ke AS

Negara-negara di Timur Tengah dilaporkan sedang mengantisipasi serangan balasan Iran ke AS usai tewasnya Jenderal Iran
Negara-negara Timur Tengah Antisipasi Balasan Iran ke AS
Bendera Iran (Tehran Times)

Middle East, Nusantaratv.com- Negara-negara di Timur Tengah dilaporkan sedang mengantisipasi serangan balasan Iran ke AS usai tewasnya  Jenderal Iran pada hari Jumat (3/1/20) dalam serangan drone AS.

Iran memiliki pilihan untuk menarget sekutu-sekutu AS di Irak, Suriah, Lebanon, dan Yaman sebagai pembalasan, demikian peringatan para analis.

Baca Juga : Konflik Iran-AS Kian Panas, Kini AS Ancam Serang Balik Jika Iran Balas Dendam

Melansir VOA, sekutu-sekutu AS yang sebagian mengeluh tidak diberi tahu sebelumnya soal rencana pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani, kini menyusun rencana untuk mengatasi kemungkinan buruk tersebut.

Sekutu-sekutu Washington di Eropa dari berbagai tingkatan telah menyampaikan rasa frustrasi dengan serangan terhadap Soleimani, meskipun mengakui Suleimani terlibat langsung dalam kegiatan teroris.

Dijelaskan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Inggris dan sekutu Eropa lainnya tidak membantu sebagaimana yang diinginkannya,

"orang Inggris, Perancis, Jerman semua perlu memahami yang kita lakukan juga menyelamatkan nyawa di Eropa. "Kata Pompeo pada Sabtu (4/1/20).

Para pemimpin militer Israel memperketat pertahanan mereka dan bersiap-siap menghadapi Hizbullah yang menanggapi pembunuhan Soleimani, pemimpin utama Iran di wilayah itu dan kepala Pasukan elit Iran, Quds.

Sebelumnya, Presiden Donald Trump telah memperingatkan AS akan menyerang Iran "dengan sangat cepat dan sangat keras," jika melakukan pembalasan dengan mengatakan Pentagon telah mengidentifikasi 52 target Iran, termasuk beberapa situs budaya "tingkat tinggi".

 

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0