Iran Ngotot Tak Akan Berikan Black Box Pesawat Ukraina pada Boeing atau Amerika

Di bawah aturan internasional, Iran akan menjadi penyelidik utama kecelakaan itu dan Ukraina harus berpartisipasi sebagai negara pendaftar dan negara operator pesawat.
Iran Ngotot  Tak Akan Berikan Black Box Pesawat Ukraina pada Boeing atau Amerika
Evakuasi pesawat ukraina yang jatuh (CNN)

Middle East, Nusantaratv.com- Setelah kotak hitam dari pesawat Ukraina International Airlines Boeing 737 ditemukan, Ali Abedzadeh, kepala Otoritas Penerbangan Sipil Iran, mengatakan kepada kantor berita Mehr semiofficial Iran bahwa AS tidak akan terlibat pada tahap penyelidikan. 

"Kami tidak akan memberikan kotak hitam kepada pabrikan [Boeing] atau Amerika," katanya. 

Baca Juga : Iran Menolak Serahkan Black Box Pesawat Ukraina yang Jatuh

Seperti diketahui, "kotak hitam" sebuah pesawat - data penerbangan dan perekam suara kokpit - dapat memberikan bukti penting tentang apa yang terjadi sebelum kecelakaan. 

Mantan kepala staf FAA Michael Goldfarb mengatakan kepada CNN bahwa langkah itu tidak selalu bertentangan dengan protokol. 

Di bawah aturan internasional, Iran akan menjadi penyelidik utama kecelakaan itu dan Ukraina harus berpartisipasi sebagai negara pendaftar dan negara operator pesawat.

 Tetapi AS - tempat Boeing dirancang dan diproduksi - tidak diharuskan untuk terlibat dalam penyelidikan segera, kata Goldfarb.

 "Jika kotak hitam sulit dilihat, jika rusak, tiga laboratorium terbaik di dunia adalah Inggris, Prancis, dan NTSB di AS. Sangat umum bagi ketiga entitas untuk diberikan petunjuk atau dipanggil, "katanya. 

Goldfarb, menambahkan tidak ada cara Iran dapat menolak untuk bekerja dengan Boeing dan melakukan keadilan dalam penyelidikan. 

"Mereka harus bekerja dengan Boeing. Boeing memiliki semua data, memiliki semua gambar dan desain, mereka memiliki insinyur, mereka tahu pesawat." 

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo telah menyerukan "kerjasama penuh dengan penyelidikan apa pun mengenai penyebab kecelakaan itu," dengan mengatakan bahwa AS akan terus mengikuti insiden itu dengan cermat dan siap menawarkan kepada Ukraina "semua bantuan yang mungkin."

Dilaporkan, Otoritas Penerbangan Sipil Iran telah menemukan bahwa penerbangan Ukraine Airlines PS 752 terbakar sebelum jatuh, katanya dalam laporan awal pada hari Kamis, mengutip saksi. 

Laporan itu juga menyebutkan bahwa pesawat berubah arah setelah masalah dan kembali ke bandara.

Sumber : CNN
Terjemahan : (NTV/Cal) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0