Iran Menolak Serahkan Black Box Pesawat Ukraina yang Jatuh

Iran belum membuat keputusan mengenai negara atau otoritas internasional mana yang akan mereka kirimi kotak hitam untuk datanya dianalisis.
Iran Menolak Serahkan Black Box Pesawat Ukraina yang Jatuh
(VOA/Reuters)

Teheran,  Nusantaratv.com- Iran menolak menyerahkan kotak hitam (black boxpesawat Ukraina yang jatuh saat lepas landas di Bandara Imam Khomeini, Iran pada Rabu (8/1/20) pagi. 

 Ali Abedzadeh, kepala organisasi penerbangan sipil Teheran, mengatakan kepada kantor berita Mehr di Teheran bahwa Iran belum membuat keputusan mengenai negara atau otoritas internasional mana yang akan mereka kirimi kotak hitam untuk datanya dianalisis. Demikian dilaporkan Reuters. 

Baca Juga : Ratusan WNI Soap Dievakuasi Menyusul Ketegangan Iran-AS yang Kian Memanas

Kecelakaan penerbangan Ukraina International Airlines terjadi beberapa jam setelah Iran menembakkan sebanyak 15 rudal balistik di pangkalan Irak yang menampung tentara AS dalam upaya balas dendam besar setelah serangan udara AS yang menewaskan Jenderal Pasukan Quds Iran Qassem Soleimani pekan lalu. 

 Tiga warga Inggris, tiga Jerman, 63 Kanada, 10 Swedia, 11 Ukraina, 82 Iran dan empat Afghanistan tewas dalam kecelakaan itu, kata Menteri Luar Negeri Ukraina Vadym Prystaiko seperti dilaporkan Fox news. 

Waktu kecelakaan itu memicu spekulasi di media sosial bahwa serangan rudal sebelumnya memainkan peran dalam kecelakaan itu tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini, tetapi pihak berwenang telah menunjuk ke masalah mekanis. 

Boeing Company adalah perusahaan kedirgantaraan Amerika yang berkantor pusat di Chicago.

 Ini adalah produsen transportasi jet komersial terbesar di dunia. Boeing juga mendesain, memproduksi dan menjual pesawat militer, helikopter, kendaraan luar angkasa, rudal, dan peralatan komunikasi di seluruh dunia. 

Qassem Biniaz, juru bicara Kementerian Transportasi dan Jalan Iran, mengatakan salah satu mesin pesawat terbakar, menyebabkan pilot kehilangan kendali atas pesawat itu, membuatnya jatuh ke tanah.

 

Sumber : Fox news/Reuters

Terjemahan : (NTV/Cal) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1