Iran Bantah Tembak Jatuh Pesawat Ukraina

Iran sekali lagi membantah bahwa salah satu misilnya telah menjatuhkan sebuah pesawat Ukraina di dekat ibukota, Teheran, pada hari Rabu (8/1/20).
Iran Bantah Tembak Jatuh Pesawat Ukraina
(foto : BBC)

Teheran, Nusantaratv.com- Iran sekali lagi membantah bahwa salah satu misilnya telah menjatuhkan sebuah pesawat Ukraina di dekat ibukota, Teheran, pada hari Rabu (8/1/20). 

Kepala penerbangan sipil Iran mengatakan pada hari Jumat bahwa ia "yakin"  pesawat itu tidak terkena rudal. 

Dia menanggapi klaim oleh para pemimpin Barat bahwa bukti menunjukkan  pesawat itu terkena rudal permukaan-ke-udara, mungkin karena kesalahan. 

Kecelakaan penerbangan Ukraina International Airlines PS752 dengan hilangnya 176 nyawa terjadi hanya beberapa jam setelah Iran melakukan serangan rudal pada dua pangkalan udara yang menampung pasukan AS di Irak. 

Media AS berspekulasi bahwa pesawat itu mungkin dikira pesawat perang karena Iran bersiap menghadapi kemungkinan pembalasan AS. 

Iran mengatakan akan mengunduh informasi itu sendiri, menambahkan bahwa prosesnya bisa memakan waktu hingga dua bulan.

 Kotak hitam berisi perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit, dan dapat memberikan petunjuk penting tentang apa yang menyebabkan kecelakaan itu. 

Pada konferensi pers pada hari Jumat, kepala Organisasi Penerbangan Sipil Iran (CAOI) Ali Abedzadeh mengulangi pandangannya bahwa sebuah rudal bukanlah penyebab kecelakaan itu. 

"Hal yang jelas bagi kami dan yang dapat kami katakan dengan pasti adalah bahwa pesawat ini tidak terkena rudal," katanya kepada wartawan. 

"Seperti yang saya katakan tadi malam, pesawat ini selama lebih dari satu setengah menit terbakar dan berada di udara, dan lokasi menunjukkan bahwa pilot berusaha untuk kembali."


Sumber : BBC
Terjemahan : (NTV/Cal) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0