Coronavirus Tak Kunjung Mereda, Spanyol dan Italia Siap Perpanjang Lockdown

Peningkatan kasus yang terus-menerus menyulitkan upaya para pemimpin Eropa untuk secara bertahap meringankan peraturan
Coronavirus Tak Kunjung Mereda, Spanyol dan Italia Siap Perpanjang Lockdown
(Nypost)

Nusantaratv.com- Spanyol siap untuk memperpanjang penguncian nasional (lockdown) dan Italia bergerak untuk melakukan hal yang sama dengan pembatasan ketat pada kehidupan publik.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez akan meminta parlemen pada hari Kamis untuk perpanjangan ke keadaan darurat sampai 25 April.

Sedangkan di Italia, Giuseppe Conte, sedang bersiap untuk memperpanjang penguncian nasional dari tanggal 13 April menjadi dua minggu lagi.

Bloomberg melaporkan, peningkatan kasus yang terus-menerus menyulitkan upaya para pemimpin Eropa untuk secara bertahap meringankan peraturan yang telah diberlakukan untuk memperlambat penyebaran coronavirus.

 Pembatasan memiliki dampak buruk pada ekonomi di seluruh wilayah, dan politisi berada di bawah tekanan untuk melonggarkan mereka secepat mungkin.

Benua ini telah dihantam keras, menderita lebih dari 65% kematian di seluruh dunia dan Spanyol, Italia, Prancis, dan Jerman hanya jejak AS dalam infeksi.

Kasus-kasus virus baru di Jerman naik paling banyak dalam lima hari, menurut angka dari Universitas Johns Hopkins. Italia mengatakan  bahwa pihaknya mencatat 3.836 infeksi baru, tertinggi dalam tiga hari.

Di Spanyol, total kasus meningkat menjadi lebih dari 150.000 dan kematian melampaui 15.000, menggarisbawahi tingkat keparahan wabah paling luas di Eropa, bahkan jika angka harian menurun.

Di Jerman, di mana ekonomi diperkirakan menyusut hampir 10% pada kuartal saat ini, Kanselir Angela Merkel akan berkonsultasi dengan perdana menteri regional pada hari Rabu tentang seberapa cepat dan sejauh mana pembatasan saat ini dapat dikurangi.

Menteri Ekonomi Peter Altmaier berusaha untuk menghentikan debat tentang melonggarkan kuncian.

"Ada garis perak di cakrawala, bahkan jika terlalu dini untuk terdengar jelas," kata Altmaier di Berlin setelah pertemuan satuan tugas virus coronavirus pemerintah.

 "Ini juga lebih baik bagi perekonomian jika kita disiplin dan bertahan selama beberapa hari lagi daripada memulai terlalu dini."

Di Italia, hanya perusahaan terpilih di sektor makanan dan farmasi, serta mungkin beberapa toko, yang akan diizinkan untuk dibuka kembali minggu depan, kata para pejabat.

 Conte dapat menyetujui keputusan baru pada hari Jumat, kata mereka.

Italia perlu menentukan sektor industri mana yang dapat memulai kembali produksi, Conte mengatakan kepada BBC. 

Jika para ilmuwan mengkonfirmasi bahwa negara tersebut dapat memulai kembali kegiatan secara bertahap, Italia mungkin mulai melonggarkan beberapa langkah pada akhir bulan ini.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0