Wapres Ma'ruf : Perang AS-Iran Akan Picu Krisis Ekonomi Besar-besaran

Untuk itu ia menyatakan, Indonesia melalui kebijakan politik luar negerinya akan mengupayakan agar AS dan Iran tak berperang.
Wapres Ma'ruf : Perang AS-Iran Akan Picu Krisis Ekonomi Besar-besaran
Wapres Ma'ruf Amin (LINE Today)

Jakarta, Nusantaratv.com- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan bahwa perang antara Amerika Serikat (AS) dengan Iran akan memicu krisis ekonomi dunia secara besar-besaran.

"Andai kata terjadi peperangan, nah ini jadi sesuatu yang sangat merugikan bagi dunia. Ekonomi rusak, politik juga. Blok-blok akan terbangun. Itu sangat berbahaya sekali," ujar Ma'ruf di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (8/1/20) seperti dikutip Kompas. 

Baca Juga : Iran Kembali Menyerang, Dua Roket Hantam Kedubes AS di Irak

Untuk itu ia menyatakan,  Indonesia melalui kebijakan politik luar negerinya akan mengupayakan agar AS dan Iran tak berperang.

Ma'ruf mengatakan Indonesia harus seoptimal mungkin bersama Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan PBB untuk menahan agar perang tidal terjadi. 

"Oleh karena itu menurut saya, Indonesia bersama negara-negara termasuk OKI di Timteng dan negara-negara yang cinta damai, kita berusaha melalui PBB untuk menahan tidak terjadi perang," tambahnya. 

Menurutnya,  tak ada pihak yang akan diuntungkan dengan pecahnya perang antara AS dan Iran.

Karena itu, ia pun mengapresiasi langkah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang telah memanggil Duta Besar AS dan Iran untuk Indonesia agar negara mereka menahan diri.

"Maka yang harus diupayakan mencari solusi perdamaian supaya tidak terjadi perang. Nah itu saya dukung upaya Menlu yang memanggil Dubes AS dan Dubes Iran yang prinsipnya memang untuk menahan diri supaya tidak terjadi perang," tandasnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0