Reaksi Dunia Terhadap Konflik Iran-AS

Para pemimpin negara-negara di berbagai penjuru dunia mendesak AS dan Iran untuk mengambil langkah-langkah guna meredakan ketegangan konflik
Reaksi Dunia Terhadap Konflik Iran-AS
Ilustrasi (BBC)

Middle East, Nusantaratv.com- Para pemimpin  negara-negara di berbagai penjuru dunia mendesak AS dan Iran untuk mengambil langkah-langkah guna meredakan ketegangan konflik yang tengah berlangsung di antara keduanya.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, pada Rabu (8/1/20), menyatakan bahwa dirinya mengutuk keras serangan roket Iran terhadap dua pangkalan angkatan udara yang menampung pasukan AS dan koalisi, termasuk Inggris.

"Kami mendesak Iran untuk tidak mengulang serangan ceroboh dan berbahaya ini, dan sebaiknya justru mengusahakan deeskalasi segera,” kata Raab seperti dilansir VOA.

Menurutnya,  perang di kawasan itu hanya akan membantu usaha ISIS, kelompok militan yang menjadi target utama misi koalisi di Irak.

Sementara itu, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga,  mengungkapkan rasa  keprihatinanya mengenai situasi di Timur Tengah saat ini.

Ia menyerukan agar negara-negara yang terlibat dalam konflik tersebut menempuh jalur diplomasi untuk memperbaiki hubungan. 

Sedangkan Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Anwar Gargas,  mengimbau agar kedua pihak mengambil sikap menahan diri agar tidak memperparah ketegangan.

Hal itu ia sampaikan dalam sebuah postingan di akun Twitternya.

“Deeskalasi adalah sebuah langkah bijak dan perlu. Jalur politik menuju stabilitas harus ditempuh,” katanya. 

Seperti diketahui, konflik Iran dan AS hingga kini masih terus memanas. Usai Iran menyerang pangkalan militer AS di Irak,  AS pun tak tinggal diam.

Bahkan,  Trump mengancam akan melakukan serangan balik jika Iran terus berupaya melancarkan serangan balas dendam.

Konflik ke dua negara ini berawal dari tewasnya Jenderal top Iran, Qasem Soleimani yang terbunuh oleh pesawat drone milik AS saat dirinya tiba di Bandara Baghdad, Irak,  Jumat (3/1/20) pekan lalu.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0