Wuhan Resmi Cabut Larangan Perjalanan Usai 76 Hari Lockdown

Dua ratus penerbangan dengan 10.000 penumpang dijadwalkan untuk berangkat dari Wuhan hari ini.
Wuhan Resmi Cabut Larangan Perjalanan Usai 76 Hari Lockdown
(Reuters)

Nusantaratv.com- Larangan perjalanan di Wuhan akhirnya resmi dicabut setelah 76 hari masa lockdown akibat coronavirus.

Melansir Metro, siapa pun yang memiliki kode QR 'hijau' pada aplikasi kesehatan di smartphone mereka, kini diizinkan untuk keluar dari kota yang dulunya merupakan pusat Covid-19 untuk pertama kalinya sejak 23 Januari.

Gambar-gambar menunjukkan ribuan penduduk yang antri di stasiun-stasiun untuk meninggalkan kota, ketika kereta mulai berjalan dan jalan raya utama dibuka pada Rabu (8/4/20) pukul  00.50 pagi.

Dua ratus penerbangan dengan 10.000 penumpang dijadwalkan untuk berangkat dari Wuhan hari ini.

Wuhan memiliki populasi sekitar 11 juta, dengan sekitar 65.000 orang diyakini telah meninggalkan kota dalam beberapa jam usai pembatasan perjalanan dicabut.

Pihak berwenang mengatakan, 2.571 orang telah meninggal akibat wabah di Wuhan pada awal minggu, sementara lebih dari 50.000 orang telah terinfeksi virus secara keseluruhan.

Jumlah korban tewas sekitar 80% dari semua kematian di Tiongkok, menurut angka resmi.

Berakhirnya masa lockdown Wuhan ditandai dengan pertunjukan cahaya di sungai Yangtze yang luas.

Pihak berwenang perlahan-lahan membuka kembali kota itu, dengan pusat perbelanjaan mulai hidup kembali bulan lalu setelah kota itu melaporkan minggu pertamanya tanpa infeksi baru.

Mereka yang bekerja dalam membuat pasokan medis dan barang sehari-hari lainnya sekarang akan diizinkan untuk kembali ke pekerjaan mereka.

Sementara yang bekerja di industri yang terhubung dengan rantai pasokan nasional atau global juga akan dapat kembali bekerja.

Beberapa pembatasan tetap ada, dengan batasan-batasan tertentu pada transportasi tetap berlaku dan sekolah-sekolah masih ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Sementara Wuhan dibuka kembali, kasus-kasus impor baru di provinsi utara Heilongjiang baru-baru ini melonjak ke angka harian hingga 25.

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0