Per Hari Ini, Lockdown Kota Hubei Dicabut

Setelah sepekan tidak terjadi kasus penularan baru, kini larangan keluar rumah di Hubai dicabut. Tembok Raksasa sebagai tujuan wisata pun mulai dibuka
Per Hari Ini, Lockdown Kota Hubei Dicabut
Dunia usaha di Wuhan, Tiongkok, mulai bangkit. Dua pekerja menyiapkan kereta api yang akan dioperasikan kembali di Wuhan. /Xiao Yijiu/Xinhua via AP

Nusantaratv.com - Setelah sepekan tidak terjadi kasus penularan baru, kini larangan ke luar rumah di Hubai dicabut. Kini hampir secara keseluruhan situasi di Tiongkok berangsur normal. Tembok Raksasa sebagai tujuan wisata pun mulai dibuka.

’’SAYA luar biasa bahagia.’’ Ungkapan bahagia dilontarkan Wu, salah seorang dokter di Hubei, ucapan itu sebagai ekspresi kegembiraan dirinya dan rekan-rekan sejawat menyambut keputusan pemerintah Tiongkok mencabut larangan perjalanan di provinsi yang mereka tinggali tersebut.

Ibarat bunga yang mulai mekar, kegembiraan kini terpancar pada penduduk kota Hubei. Setelah berminggu-minggu mereka dipaksa untuk tinggal di rumah, mulai dini hari tadi, Rabu (25/3/2020), penduduk Hubei sudah boleh keluar rumah. Tidak hanya diperbolehkan ke luar di depan rumah, tapi juga boleh melakukan perjalanan keluar Hubei.

Departemen kesehatan tirai bambu itu telah membuat sebuah aplikasi kesehatan yang terinstal di telepon selular setiap penduduk kota Hubei. Sehingga kondisi kesehatan setiap warga dapat dipantau. Lampu warna hijau di telepon selular menandakan penduduk yang bersangkutan sehat, dan mereka itulah yang boleh bepergian.

Baca Juga: Coronavirus : Warga Negara Inggris dengan Kondisi Kesehatan Kritis Terdampar di Pakistan

Sayangnya, kebijakan boleh keluar rumah belum berlaku untuk kota Wuhan. Penduduk di ibukota Hubei itu masih harus sedikit bersabar, mengingat kota Wuhan menjadi awal munculnya virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Menurut sebuah informasi, pemberlakuan lockdown atau karantina wilayah di kota itu baru akan dicabut pada tanggal 8 April nanti.

Tiongkok mengambil keputusan itu setelah hampir sepekan tidak ada kasus penularan lokal di negara tersebut. Yang terjadi beberapa hari ini adalah kasus Covid-19 pada orang-orang yang baru bepergian dari luar negeri dan masuk ke Tiongkok. Terdeteksi baru kemarin (24/3) ada satu penularan lokal di Wuhan.

Sumber: jawapos.com

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0