Cina Nyatakan Wabah Demam Babi Afrika Melambat

Ditanya tentang laporan wabah demam babi baru-baru ini, Wakil Menteri Pertanian Yu Kangzhen mengatakan Cina hanya melihat 44 kasus baru dalam enam bulan pertama 2019.
Cina Nyatakan Wabah Demam Babi Afrika Melambat
Bendera China

Beijing, Nusantaratv.com -Jumlah wabah baru demam babi Afrika di China telah menurun secara signifikan tahun ini dan produksi babi secara bertahap kembali normal, kata wakil menteri pertaniannya, di tengah laporan baru-baru ini menggarisbawahi ancaman penyakit.

Demam babi Afrika sangat mematikan bagi babi dan tidak ada obat atau vaksin untuk penyakit ini, yang telah melanda Cina, produsen daging babi top dunia, sejak Agustus tahun lalu. 

Ditanya tentang laporan wabah demam babi baru-baru ini, Wakil Menteri Pertanian Yu Kangzhen mengatakan Cina hanya melihat 44 kasus baru dalam enam bulan pertama 2019.

 Itu membuat jumlah total kasus yang dilaporkan China sejauh ini menjadi 143, dengan 1,16 juta babi dimusnahkan, kata Yu kepada wartawan pada suatu briefing pada hari Kamis (4/7/19) melansir Reuters. 

Namun, banyak wabah tidak dilaporkan, kata petani kepada Reuters, dengan pejabat lokal di banyak provinsi tidak mau memverifikasi penyakit itu. Reuters melaporkan minggu ini bahwa setengah dari babi pembiakan Cina telah mati karena demam babi Afrika atau disembelih karena penyakit yang menyebar, dua kali lebih banyak dari yang telah diakui secara resmi. 

 Yu mengatakan pemerintah memiliki kebijakan nol toleransi untuk tidak melaporkan wabah penyakit, menambahkan bahwa kasus seperti itu akan dihukum berat.

 Namun dia mengatakan masih ada tantangan dalam mengendalikan penyebaran demam.

 Memberi makan limbah dapur ke babi dilarang tetapi masih berlangsung, kata Yu. Virus ini dapat tetap dalam daging yang belum dimasak dengan benar dan menginfeksi babi yang memakan sisa makanan.

 Kemampuan banyak petani kecil China untuk mencegah penyakit ini lemah, tambahnya.

 Yu juga memperingatkan bahwa penelitian dan pengembangan vaksin untuk mencegah demam babi hanya pada tahap awal dan menghadapi banyak tantangan dan hambatan teknis. 

Dia menolak mengomentari timeline untuk kemungkinan peluncuran vaksin buatan China. Media pemerintah China melaporkan pada bulan Mei bahwa peneliti pemerintah siap untuk memulai uji klinis pada vaksin setelah mengidentifikasi kandidat yang cocok.

 

 

Sumber : Reuters 

Terjemahan : (NTV /Cal) 

 

 

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0