Tak Hanya China, Vietnam Juga Bantu Dunia Perangi Pandemi Corona

Vietnam, yang secara historis telah menjadi penerima bantuan, menunjukkan bahwa negara itu juga bisa menjadi kontributor. 
Tak Hanya China, Vietnam Juga Bantu Dunia Perangi Pandemi Corona

Nusantaratv.com- China bukan satu-satunya negara yang membantu negara lain dalam perang melawan Coronavirus.

Mengenakan pakaian bisnis dan masker bedah, lima duta besar Eropa berdiri di atas panggung di Hanoi pada hari Selasa dan menyapa para pejabat Vietnam yang mengumumkan mereka menyumbangkan masker wajah ke Eropa. 

Selain menyumbangkan 500.000 masker, Vietnam telah mengirimkan bantuan medis ke Cina, Kamboja, dan Laos dalam beberapa pekan terakhir.

Hanoi sekarang dalam pembicaraan dengan Amerika Serikat untuk memasoknya dengan peralatan pelindung. 

Vietnam terus berusaha mengendalikan COVID-19 di dalam negeri, tetapi virus itu juga menandai momen bagi negara komunis untuk membuat tawaran di luar negeri.

 Tradisi yang meningkat, Vietnam yang secara historis telah menjadi penerima bantuan, menunjukkan bahwa negara itu juga bisa menjadi kontributor. 

"Terima kasih kepada teman-teman Vietnam kami atas dukungan mereka," Petra Sigmund, direktur jenderal untuk Asia dan Pasifik di Kantor Luar Negeri Jerman, mengatakan di Twitter dikutip VOA.

"Kita harus tetap bersatu dalam solidaritas dan terus bergandengan tangan untuk melawan virus corona."

Ketika rumah sakit di seluruh Amerika Serikat menghadapi kekurangan besar pada masker dan peralatan medis, Badan Pembangunan Internasional AS meminta perusahaan-perusahaan Vietnam menaikkan jumlah produksi.

Badan Manajemen Darurat Federal AS mengatakan pihaknya menciptakan "jembatan udara" untuk dengan cepat mendapatkan pasokan medis yang diekspor dari Vietnam, di samping negara-negara seperti Thailand, India dan Honduras.

Kedutaan Besar Vietnam di Washington mengatakan pihaknya menciptakan saluran komunikasi langsung ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS.

"Ini adalah peluang yang sangat baik bagi bisnis Vietnam untuk mengekspor alat pelindung diri (APD) dan pasokan medis ke pasar Eropa dan Amerika," Nhan Dan, surat kabar resmi untuk Partai Komunis Vietnam, mengatakan dalam sebuah posting web. 

Pos itu mencatat bahwa satu peluang ada di California, yang meminta 500 juta pasang masker pernapasan N95, 10 juta kacamata dan 1 miliar pasang sarung tangan.

Sementara Vietnam adalah negara berkembang dengan ekonomi lebih kecil dari California, kombinasi faktor memungkinkannya untuk mengisi beberapa lubang yang diciptakan oleh darurat COVID-19. 

Vietnam merespons awal keadaan darurat, mempertahankan jumlah infeksi yang dilaporkan di bawah 300 kasus pada hari Rabu, dan memberikan stabilitas relatif untuk membantu orang lain.

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0