Seekor Tapir Malaya Terkapar di Jalanan dengan Kondisi Mengenaskan

Menjadi herbivora seperti mereka, Tapir Malaya membutuhkan hutan untuk hidup
Seekor Tapir Malaya Terkapar di Jalanan dengan Kondisi Mengenaskan
(WoB)

Nusantaratv.com- Salah satu hewan ikonik Malaysia, Tapir Malaya dapat dikatakan tengah berada diujung tanduk kepunahan. Hewan langka itu kini memiliki populasi kian sedikit di dunia. Namun, potret menyedihkan justru baru-baru ini tersebar di media sosial.

‌Seekor Tapir nampak terkapar mati di jalanan dengan kondisi mengenaskan. Padahal, lokasi tersebut merupakan hutan hijau yang merupakan  habitat Tapir. 

‌Menjadi herbivora seperti mereka, Tapir Malaya membutuhkan hutan untuk hidup dan mereka bahkan berkontribusi kembali dengan membantu menyebarkan benih pohon. 

‌ Namun, mata pencaharian mereka terancam oleh aktivitas manusia seperti deforestasi, banjir, dan perdagangan hewan ilegal.

Seperti dilansir The Asean Post , Dr. Alan Shoemaker dari Grup Spesialis Tapir telah menjelaskan bahwa penurunan jumlah hewan-hewan agung ini terutama disebabkan oleh hilangnya habitat dari pembalakan liar dan kurangnya perlindungan meskipun habitat mereka diketahui oleh pihak-pihak yang terlibat.

‌Berkurangnya ukuran habitat mereka telah memaksa hewan-hewan ini untuk berkeliaran lebih jauh ke daerah berbahaya, yang menjelaskan penyebab kematian mereka baru-baru ini; kecelakaan di jalan.

‌ Menurut Departemen Satwa dan Taman Nasional Malaysia (Perhilitan), 25 tapir mati terkapar di jalanan pada 2017.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0