Gunung Taal, si Kecil yang Berbahaya dan Mengejutkan Filipina

Para ilmuwan khawatir "letusan berbahaya" yang lebih besar akan segera terjadi.
Gunung Taal, si Kecil yang Berbahaya dan Mengejutkan Filipina
(Scmp)

Manila, Nusantaratv.com- Gunung Taal adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Filipina.

 Selama beberapa hari terakhir, mulai memuntahkan lava, memicu gempa bumi dan memancarkan gumpalan besar abu yang telah menyebar ke seluruh pulau Luzon dan sekitarnya. 

Para ilmuwan khawatir "letusan berbahaya" yang lebih besar akan segera terjadi. 

Dan menurut Renato Solidum, kepala Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Philvolcs), itu "sangat kecil tapi gunung berapi yang berbahaya". 

Jadi ada apa dengan Taal yang membuat orang begitu khawatir? Ini adalah gunung berapi 'kompleks' Taal didefinisikan sebagai "gunung berapi kompleks" - ia tidak hanya memiliki satu lubang angin atau kerucut tetapi beberapa titik erupsi yang telah berubah seiring waktu. 

"Gunung berapi Taal adalah gunung berapi bayi yang berada di dalam gunung berapi kaldera yang jauh lebih besar," kata Ben Kennedy, profesor vulkanologi fisik di Universitas Canterbury di Selandia Baru.

 Letusan baru ini terjadi di Pulau Volcano, yang berada di dalam Danau Taal, sebuah danau seluas 234 km persegi yang terbentuk di kaldera letusan masif sebelumnya. 

Pulau Volcano sendiri memiliki 47 kawah dan 4 maar - kawah gunung berapi yang terbentuk ketika magma panas bersentuhan dengan air tanah yang dangkal, menghasilkan ledakan uap yang hebat. 

Ventilasi lain dan titik letusan berada di bawah Danau Taal. Seluruh Pulau Volcano telah ditandai sebagai zona bahaya permanen oleh Phivolcs.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0